Sejarah Kampus

Sejarah Berdirinya STIKes Medika

Sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medika CIkarang Kabupaten Bekasi diawali dan dilandasi oleh cita-cita luhur dan semangat Bapak drg. Suherman Widyatomo selaku Ketua Yayasan Medika Bahagia untuk turut berperan serta dalam Pembangunan Bangsa Indonesia melalui bidang Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan. Maka beliaulah penggagas yang pertama kali untuk mendirikan suatu Lembaga/ Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan, yang kemudian didukung penuh oleh seluruh keluarga besar beliau, termasuk istri beliau (Ibu Ita Sulistiowaty) dan seluruh putra putrinya yang berjumlah 4 (empat) orang, yakni Dr. drg. Eddy Suharso, SH, M.Kes (anak pertama), dr. Novi Gracia, Sp.OG (anak kedua), dr. Fransisca Mayer, SPA, MARS (anak ketiga), dan drg. Daniel Roosena, MM (anak keempat). Langkah pertama beliau untuk merealisasikan cita-citanya tersebut, maka pada tanggal 2 Juli 2004 dibentuk Tim Pendiri STIKes Medika Cikarang dengan surat keputusan Ketua Yayasan Medika Bahagia No. 006/SK-YM/VII/2004

Setelah melalui perjuangan dan proses yang cukup berat dan memakan waktu yang lama mempersiapkan perencanaan (proposal) usulan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Medika, mengurus rekomendasi dari Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat selanjutnya diteruskan kepada Kepala Badan PPSDM Kesehatan-Departemen Kesehatan dan kepada Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (dirjen DIKTI) Departemen Diknas, serta penilaian dan rekomendasi dari berbagai organisasi profesi terkait yakni Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pusat dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pusat, maka pada tanggal 24 Juni 2005, alhamdulillah terbitlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tentang Ijin Operasional bagi STIKes Medika Cikarang dengan SK No. 90/D/0/2005. Berdasarkan surat keputusan Mendiknas tersebut STIKes Medika Cikarang memperoleh Ijin Operasional penyelenggaraan untuk 2 program studi, yaitu :

  1. Program Studi Strata 1 (satu) Keperawatan.
  2. Program Studi Diploma 3 (tiga) Kebidanan.

Perkembangan selanjutnya pada tahun 2009 melalui perjuangan tahap kedua, telah terbit lagi Surat Keputusan Ijin Oprasional / Penyelenggaraan Program Studi Diploma III (tiga) Keperawatan dengan Surat Keputusan Mendiknas c/q Direktur Jendral DIKTI Depdiknas No. 860/D/T/2009 tanggal 5 Juni 2009.

Pada tahun 2010 telah berhasil lagi menambah satu lagi program studi baru dengan Surat Keputusan Mendiknas c/q Dirjen DIKTI-Dep.Diknas No.265/D/0/2010 tanggal 31 Desember 2010 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Dengan telah keluarnya Ijin Oprasional Program Studi Pendidikan Ners tersebut, maka STIKes Medika Cikarang telah memiliki 4 (empat) program studi, yakni :

  1. Program Studi Strata 1 Keperawatan.
  2. Program Studi Diploma III Keperawatan.
  3. Program Studi Diploma III Kebidanan.
  4. Program Studi Pendidikan Profesi Ners.

 

Sejarah Berdirinya IMDS

Sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) institusi, Setelah 13 tahun berjalan STIKes Medika berproses untuk menambah prodi baru dan melakukan perubahan bentuk lembaga dari Sekolah Tinggi menjadi institut, setelah melewati proses pengurusan rekomendasi dari LLDIKTI dan juga mengurus proses perijinan di Kemenristek DIKTI,  akhirnya pada Tahun 2018, mendapat ijin alih bentuk STIKes menjadi Institut dengan nama Institut Medika Drg. Suherman yang secara resmi dilakukan peresmian oleh kemenristek DIKTI dan Kepala LLDIKTI  pada tanggal 31 Juli 2018 dengan SK No. 543/KPT/I/2018 dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Program Studi yang dimiliki saat ini adalah 11 Program Studi, yaitu :

  1. Program Studi Sarjana Keperawatan.
  2. Program Studi Diploma Tiga Keperawatan.
  3. Program Studi Diploma Tiga Kebidanan.
  4. Program Studi Pendidikan Profesi Ners.
  5. Program Studi Sarjana Farmasi
  6. Program Studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit
  7. Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan
  8. Program Studi Sarjana Kebidanan
  9. Program Studi Pendidikan Profesi Bidan
  10. Program Studi Diploma Empat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  11. Program Studi Sarjana Gizi
  12. Program Studi Diploma Empat Pengobatan Tradisional Tiongkok

Semoga dalam perjalanan ke depan Institut Medika bisa terus berkiprah dengan menyediakan pilihan fakultas dan program studi yang lebih bervariasi yang diwadahi dalam bentuk lembaga baru berupa Universitas. Bersama kita bisa, IMDS Luar Biasa.