Penyuluhan Kesehatan & Pemeriksaan Pada Ibu Hamil

Dipublikasikan oleh imds pada

Sukaindah – Kec. Sukakarya, 03 Maret 2020, Mahasiswa Profesi Ners Institut Medika Drg. Suherman (IMDS) melakukan Penyuluhan Kesehatan & Pemeriksaan Pada Ibu Hamil, dengan materi yang dibawakan Gizi Seimbang pada ibu hamil dan Demonstrasi Perawatan  Payudara.

Kegiatan dihadiri oleh kader dan masyarakat desa setempat, para peserta sangat antusias dalam menerima pemaparan materi yang diberikan, pemaparan gizi seimbang yang membawakan rangkaian susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Pada masa kehamilan dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengadung zat gizi tertentu sebagai penunjang kesehatan ibu dan janin  maupun untuk keperluan perkembangan dan pertumbuhan janin.

Dalam materi perawatan payudara, para mahasiswa menjelaskan perawatan payudara hendaknya dilakukan sedini mungkin selama kehamilan dalam upaya mempersiapkan bentuk dan fungsi payudara sebelum terjadi laktasi. Jika persiapan kurang dapat terjadi gangguan penghisapan pada bayi akibat ukuran puting yang kecil atau masuk kedalam. Akibat lain bisa terjadi produksi ASI akan terlambat serta kondisi kebersihan payudara ibu tidak terjamin sehingga dapat membahayakan kesehatan bayi. Dipihak ibu, akibat perawatan yang kurang pada saat persalinan ibu belum siap menyusui sehingga jika bayi disusukan ibu akan merasakan perih pada payudaranya.

Tujuan perawatan payudara adalah memelihara kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan puting susu, payudara yang terawat akan memproduksi ASI cukup untuk kebutuhan bayi, dengan perawatan payudara yang baik ibu tidak perlu khawatir bentuk payudaranya akan cepat berubah sehingga kurang menarik, dengan perawatan payudara yang baik puting susu tidak akan lecet sewaktu dihisap oleh bayi, melancarkan aliran ASI, mengatasi puting susu datar atau terbenam supaya dapat dikeluarkan sehingga siap untuk disusukan kepada bayinya.

Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi para peserta terutama ibu-ibu yang selama ini belum terpaparkan secara detail terkait dengan gizi seimbang dan perawatan kesehatan. #Red.Fryn.

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *