Puskesmas Cibarusah Libatkan Mahasiswa IMDS Pendataan PISPK

Dipublikasikan oleh imds pada

Sumber : http://medikomonline.com

BEKASI, Medikomonline.com – Pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) yang dilakukan pihak Puskesmas Cibarusah tahun 2018 lalu telah mendata dua desa, yakni Desa Cibarusah Jaya dan Desa Ridomanah.

Untuk melanjutkan pendataan PISPK di tahun 2019, Puskesmas Cibarusah melibatkan mahasiswa dengan menggandeng Institut Medika Drg Suherman (IMDS). Penandatanganan (MUO) kerjasama antara Puskesmas Cibarusah dengan IMDS untuk pelaksanaan pendataan PISPK dilaksanakan di aula Puskesmas, Kamis (28/2/2019).

Kepala Puskesmas Cibarusah dr Adi Pranaya mengatakan, pendataan PISPK yang telah didata oleh tim Puskesmas sekitar 3.600, dan masih ada sekitar 12.000 kepala keluarga yang belum terdata.

Dengan bekerjasama IMDS, tentunya diharapkan agar data yang didapatkan benar-benar real di lapangan. “Apalagi mahasiswa itu idealismenya masih terjaga, data saja apa adanya sesuai dengan keadaan atau kondisi masyarakat,” kata Adi Pranaya kepada Medikomonline, Kamis (28/2/2019).

Tentu saja pendataan PISPK, katanya lagi, yang dihasilkan nanti bisa dijadikan acuan untuk pengambilan kebijakan, sehingga menjadi efektif dan efisien. Semoga dalam pendataan ini, mahasiswa IMDS pun bisa mengetahui langsung keadaan masyarakat yang sebenarnya.

“Sebelumnya para mahasiswa IMDS telah diberikan pembinaan sebelum terjun ke masyarakat untuk pendataan PISPK,” terangnya.

Rektor IMDS Dr Triseu Setianingsih mengatakan, tugas pendataan PISPK yang diberikan oleh Puskesmas Cibarusah harus menjadi tantangan. Mahasiswa itu keilmuannya terbatas karena hanya di fakultas saja. Tugas di luar atau terjun ke lapangan ternyata beda dengan teori. Tapi jangan pesimis walaupun angkanya sampai dua belas ribuan.

“Saya yakin walaupun padat jadwal perkuliahannya, mahasiswa IMDS yang telah diberikan pembinaan bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tandasnya.

Kasi Ekbang Kecamatan Cibarusah H Syarif menegaskan, Pemerintah Kecamatan Cibarusah sangat mengapresiasi pendataan PISPK. Apalagi saat ini melibatkan mahasiswa dalam pendataannya. Tentu saja jika pendataan itu hasilnya sesuai yang diharapkan, pasti yang diuntungkan adalah masyarakat.

“Masyarakatnya sehat, kecamatannya sehat dan negara pun sehat,” pungkasnya.

(Penulis: Manah Sudarsih/Editor: Mbayak Ginting)

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: